Metode Drill dalam Pembelajaran Bahasa Arab

Main Article Content

Asromi Maranto
Adi Putra

Abstract

Penelitian ini membahas penggunaan metode drill dalam pembelajaran Bahasa Arab di MAN 2 Lahat, dengan tujuan meningkatkan efektivitas dan efisiensi pembelajaran siswa serta mengatasi kesulitan belajar mereka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode tindakan kelas, yang mencakup tahap perencanaan, implementasi tindakan, monitoring, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Proses analisis data meliputi pengumpulan data, penyajian data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan, dengan keabsahan data diuji menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode drill dalam berbagai bentuknya dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam berbicara, menulis, dan menggunakan bahasa Arab, terutama dalam konteks al-Istima’ dan Muhadatsah. Dengan demikian, proses pembelajaran bahasa Arab dapat berjalan lebih lancar dan efisien bagi siswa.

Article Details

How to Cite
Maranto, A., & Adi Putra. (2024). Metode Drill dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Al-Hikmah Jurnal Studi Keislaman Dan Pendidikan, 11(1), 47–54. https://doi.org/10.12065/al-hikmah.v11i1.17
Section
Articles

References

Arsyad, Azhar. (2002). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Asynawir, M. Basyarudin Usman. (2002). Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Pers.

Djamaroh, Bahri. (2002). Psikologi Belajar. Jakarta: CV.Rajawali.

Hamalik, Oemar. (1986). Media Pendidikan. Bandung: Penerbit Alumni.

Ibrahim, M.Kasir. (1999). Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Surabaya: Pustaka Tinta Emas.

Iriyansyah. (2023). Tantangan dan solusi: Pembelajaran bahasa Arab di Ma Al-Azhar Center Baturaja. Al-Hikmah: Jurnal Studi Keislaman dan Pendidikan, 10(2). Desember 2023. 8-15. https://e- journal.stitypilahat.ac.id/index.php/alhikmah/issue/view/2

Pauseh, Amanah Noor., Nanda Nurul Azmi., & Alvira Pranata. (2022). Analisis faktor-faktor kesulitan belajar bahasa arab serta solusinya untuk meningkatkan hasil belajar. ARMALA: Jurnal Pendidikan dan Sastra Bahasa Arab, 3(1), 47-56. https://e- journal.iainptk.ac.id/index.php/armala/article/download/864/358

Prajitno, Edi. (2008). Metode Penelitian Dalam Penelitian Tindakan Kelas. Makalah Pelatihan PTK Bagi Guru Di Propinsi DIY. Lembaga Penelitian UNY. 2008.

Rahman BP, Abd., Sabhayati Asri Munandar., Andi Fitriani., Yuyun Karlina., & Yumriani. Pengertian pendidikan, ilmu pendidikan dan unsur-unsur pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), Juni 2022. 1-8. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/alurwatul.

Rijali, Ahmad. (2019). Analisis Data Kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah 17 (33): 81. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374.

Rohani, Ahmad. (1997). Media Instruktif Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Sadiman, Arif, dkk. (2004). Media Pendidikan: pengertian, pengembangan dan pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sudjana, Nana & Ahmad Riva’i. (1991). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru.

Sulaiman, Amir Hamzah. Sulaiman. (2004). Media Audio Visual. Jakarta: PT. Gramedia.

Tambak, Syahraini. (2016). Metode Drill dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.

Jurnal: Al-hikmah 13(2), Oktober 2016. 110-127. https://repository.uir.ac.id/2009/1/metode%20drill%20dalam%20pembelajaran%20pa i.pdf

Tim Penyusun Buku Pedoman Bahasa Arab Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam. (1978). Pedoman Pengajaran Bahasa Arab Pada Perguruan Tinggi Agama Islam. Jakarta: Proyek Pendidikan Agama RI.

Zaenudin, Radhiyah, dkk. (2005). Metodologi dan Strategi Alternatif Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: Pustaka Rihlah Group.

Zulfahmi., Saifuddin., & Fannia. (2022). Efektifitas penggunaan metode drill dalam pembelajaran seni baca Al-qur’an. Genderang Asa: Journal of Primary Education PGMI IAIN LHOKSEUMAWE, 3(1). 79-90. Doi: https://doi.org/10.47766/ga.v3i1.492