Korelasi Kedisiplinan dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI di SMP Negeri 2 SP. Padang Ogan Komering Ilir
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara kedisiplinan dengan hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran PAI di SMP Negeri 2 SP. Padang Kabupaten Ogan Komering Ilir. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Data diuji secara statistik dengan menggunakan metode penelitian korelasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini guna untuk mengukur variabel yang ingin di teliti antara lain angket dan dokumen. Berdasarkan penelitian ditemukan bahwa korelasi kedisiplinan dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI telah teruji berdasarkan analisis data yang diperoleh sebesar 0,727. Angka ini lebih besar dari nilai r pada tabel product moment dengan taraf signifikan 5% = 0,339 dan taraf signifikan 1% = 0,436 (menurut tabel r produc moment). Dengan demikian harga r hitung = 0,727 lebih besar dari r tabel baik dilihat dari taraf signifikan 5% maupun taraf signifikan 1%. Dari penelitian ini dapat ditarik suatu kesimpulan bahwa terdapat korelasi yang positif antara kedisiplinan dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI. Artinya semakin disiplin seorang siswa dalam belajar maka akan semakin tinggi pula hasil belajarnya dan semakin tidak disiplinnya seorang siswa dalam belajar maka akan semakin rendah pula hasil belajarnya.
Kata kunci: korelasi, kedisiplinan, hasil belajar, PAI
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rieneka Cipta.
Chaerunisa, Z, dan Latief, J. (2021). Pengaruh disiplin belajar terhadap prestasi belajar IPS di sekolah dasar. Edukatif Jurnal Ilmu Pendidikan, 3 (5), 2952-2960.
Feriza, F. (2016). Pengaruh disiplin belajar, motivasi belajar dan lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa di SMA Muhammadiyah Kota Pagar Alam. Al-Bahtsu, 3(1), 1-10.
Hasanuddin, S. (2016). Hubungan disiplin belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 2 Ponre Kabupaten Bone. Al-Iltizam, 1 (1), 13-30.
Ishaq, M., & Anwar, S.S. (2016). Pengaruh minat belajar dan kedisiplinan terhadap prestasi belajar PAI. Tarbawy, 3 (2), 120-131.
Nasution, R.,H. (2020). Pengaruh Disiplin Belajar dan Minat Siswa terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam di SMA N 1 Panyabungan Selatan Kabupaten Mandailing Nata. Jurnal Bisnis, Manajemen dan Ekonomi, 3 (1), 12-25.
Nurkaman, & Suryapermana, N. (2018). Hubungan gaya belajar dan disiplin belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Geneologi pai Jurnal Pendidikan Islam, 5 (2), 139-154.
Sulfemi, W, B. (2018). Pengaruh disiplin ibadah sholat, lingkungan sekolah, dan intelegensi terhadap hasil belajar peserta didik mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Edukasi Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan, 16 (2), 166-178.