Implementasi Pendidikan Agama Islam Dalam Membangun Nilai-Nilai Religius Pada Peserta Didik MAN
Main Article Content
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui proses implementasi pendidikan agama Islam dalam membangun nilai-nilai religius dan pembelajaran intrakurikuler yang dilakukan guru pendidikan agama Islam dalam membangun nilai-nilai religius di MAN 1 Lahat. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan dipilih secara purposive dan bersifat snowball sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: Implementasi pendidikan agama Islam dalam membangun nilai-nilai religius di lingkungan madrasah dilakukan dengan baik dan efektif dengan diterapkannya dalam kegiatan keseharian seperti membiasakan mengucapkan salam, berjabat tangan, santun dalam berbicara, sopan dalam bersikap, dan saling menghormati baik dengan guru maupun sesama teman. Kemudian terkait program-program dalam kurikulum khusus mengenai keagamaan, seperti diadakannya TPA, kemudian sholat dhuha berjamaah, sholat dhuhur berjamaah, kemudian adanya pembinaan bakat seperti tahfid, pidato, kultum bagi laki-laki dan juga adanya ceramah atau kajian, infaq dan juga menghafalkan surat-surat pilihan dalam Al-Qur’an, kemudian keteladan dan kedisiplinan yang diberikan oleh semua warga sekolah. Pembelajaran intrakurikuler pendidikan agama Islam dalam membangun nilai-nilai religius peserta didik dilakukan dengan cara sistematik sesuai dengan unsur-unsur pembelajaran. Dan pembelajaran intrakurikuler juga dilakukan dengan berpusat pada peserta didik dan dimaksimalkan pada aspek-aspek materi konseptual dan ilustrasi serta pemberian contoh-contoh yang kontekstual. Kemudian untuk pengamalannya dilakukan dengan penilaian sikap dan kontrol perkembangan sikap serta praktik-praktik keagamaan.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Abdur Rachman Shaleh. 2010. Madrasah dan Pendidikan Anak Bangsa, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Ahmad, Tafsir. 2004. Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
------------------. 2014. Metodologi Pengajaran Agama Islam, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Armai, Arief. 2002. Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Pers, cet 1.
Bahudji. 2012. Bahan Ajar Metodologi Studi Islam, Metro: STAIN Metro.
Departemen Agama Republik Indonesia. 2006. Al-Qur’an dan Terjemahannya. Jakarta: Pustaka Agung Harapan.
Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Standar Kompetensi Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam SMP dan MTs. Jakarta: Pusat Kurikulum.
KEMENDIKBUD. Pengantar Umum SILABUS PAI Kurikulum 2013. Jakarta.
Kunandar. 2007. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Margono. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Muhaimin. 2012. Paradigma Pendidikan Islam: Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.
---------------. 2006. Nuansa baru Pendidikan Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
---------------. 2012. Pemikiran dan Aktualisasi Pengembangan Pendidikan Islam. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
---------------. 2005. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Muhammad Muntahibun Nafis. 2011. Ilmu Pendidikan Islam. Yogyakarta: Teras.
Muhibbin Syah. 2010. Psikolgi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Ngainun Naim. 2012. Character Building Optimalisasi Peran Pendidikan Dalam Pengembangan Ilmu Dan Pembentukan Karakter Bangsa. Jogjakarta: Arruz Media.
Qodri Azizy. 2013. Pendidikan Untuk Membangun Etika Sosial (Mendidik Anak Sukses Masa Depan: Pandai dan Bermanfaat). Semarang: Aneka Ilmu, cet.V.
Ramayulis. 2002. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia, Cet. XI.
--------------. 2014. Ilmu pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.
--------------. 2005. Metedologi Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Kalam Mulia.
Sisdiknas. 2010. Undang-Undang SISDIKNAS (Sistem Pendidikan Nasional). Bandung: Fokus Media.
Sjarkawi. 2008. Pembentukan Kepribadian Anak. Jakarta: Bumi Aksara.
Sugiyono. 2014. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.
-------------. 2008. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 2004. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, Edisi Kedua.
Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (Nomor 20 Tahun 2003). Bandung: Fokusmedia, 2003.
Widianti. 2019. Tesis: Implementasi pendidikan agama islam dalam membangun nilai-nilai religius pada peserta Didik smp muhammadiyah 3 metro.
Zakiah, Daradjat. 2010. Ilmu Jiwa Agama. Jakarta: Bulan Bintang.
-----------------. 2015. Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
------------- dkk. 2012. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara, Cet, II.
Zuhairini, dkk. 2015. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara, Cet v.