ANALISIS INOVASI KEPEMIMPINAN DI PERGURUAN TINGGI KEAGAMAAN ISLAM SWASTA (PTKIS)

Main Article Content

Taufik Sakni
Mawaddah Hidayati
Asmuni

Abstract

Perguruan tinggi adalah tingkatan satuan pendidikan tertinggi di lingkungan formal yang terdiri dari komponen utama pelaku pendidikan seperti pimpinan, tenaga pengajar serta peserta didik. Pimpinan merupakan ujung tombak segala kebijakan dan keputusan bermuara, sehingga dengan kebijakan dan keputusan yang diambil oleh pimpinan dapat menjadi visi dan misi bersama bagi semua pelaku pendidikan. Kepemimpinan seorang pemimpin juga sangat menentukan kesejahteraan para pelaku pendidikan, inovasi kepemimpinan menjadi komando untuk mencapai segala cita di lingkungan pendidikan tersebut. Dalam penelitian ini, peneliti memfokuskan penelitian pada: (i) karakteristik inovasi kepemimpinan di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (PTKIS); (ii) faktor pendukung dan penghambat dalam melakukan inovasi kepemimpinan di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (PTKIS). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang menggabungkan penelitian kepustakaan (Library research) dan studi kasus (Case Study). Pada teknik pengumpulan data, peneliti melakukan analisis pada berbagai sumber informasi dan dokumentasi pada jurnal, buku dan sumber literatur lainnya dan pada metode studi kasus melibatkan pengamatan langsung kondisi di lokasi penelitian, Kemudian untuk memeriksa keabsahan data, peneliti menggunakan dua cara, yakni: triangulasi dan diskusi dengan teman sejawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik inovasi kepemimpinan adalah mampu menyajikan visi yang strategis, berorientasi pada kebutuhan stakeholders, memiliki kepercayaan antar stakeholders, memiliki loyalitas yang tinggi, terbuka serta menginspirasi. Faktor pendukung dan penghambat seperti kemampuan pimpinan dalam mengelola PTKIS serta memiliki kesabaran dalam menghadapi berbagai karakteristik dosen dan pegawai dapat dijadikan pertimbangan untuk melakukan inovasi kepemimpinan di lingkungan PTKIS itu sendiri.

Article Details

How to Cite
Sakni, T., Mawaddah Hidayati, & Asmuni. (2024). ANALISIS INOVASI KEPEMIMPINAN DI PERGURUAN TINGGI KEAGAMAAN ISLAM SWASTA (PTKIS). Al-Hikmah Jurnal Studi Keislaman Dan Pendidikan, 11(1), 1–9. https://doi.org/10.12065/al-hikmah.v11i1.28
Section
Articles

References

Angkawijaya, Y.F. (2017). Peran Perguruan Tinggi sebagai Agen Perubahan Moral Bangsa (Studi Kasus Peran Konsep Diri terhadap Karakter Mulia pada Mahasiswa di Universitas X Surabaya). Widyakala, 4(1), 36-42. https://doi.org/10.36262/widyakala.v4i1.29

Astari, Ade Riska Nur., & Jono, Ali Akbar. (2022). Studi Analisis Penerapan Konsep Kepemimpinan Pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) di kota Bengkulu. Evaluasi: Jurnal manajemen Pendidikan Islam, 6(1), 45-57. DOI : http://doi.org/10.32478/evaluasi. v6i1. 819. https://e-journal.staima- alhikam.ac.id/evaluasi/article/view/819

Bashori, B., Yolanda, M., & Wulandari, S. (2020). Konsep Kepemimpinan Abad 21 Dalam Pengembangan Lembaga Pendidikan Tinggi Islam. PRODU: Prokurasi Edukasi Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 110-125.

Basri, Hasan., & Tambunan, Nurhalima. (2023). Faktor pendukung dan penghambat manajemen kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas kinerja pendidik dan tenaga kependidikan di Madrasah Aliyah Sunggal. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(2), 2575-2587. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i2.597.

Daft, R.L. (2018). The leadership experience (seventh edition). Cengange Learning.

Fadila, R. N., Lutfiani, E. A., Ramadiani, I. S., Veronika, N., Rachmanto, D., & Arfinanti, N. (2020). Efektivitas pengelolaan sumber daya sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 8(1), 81-88.

Herlinsi. (2017). Kepemimpinan inovatif dalam membangun kembali kepercayaan masyarakat kepada lembaga pendidikan. Tesis. Universitas Raden Fatah Palembang. http://eprints.radenfatah.ac.id/921/1/herlinsi.pdf

Khairiah, K., & Sirajuddin, S. (2019). University Leadership Management: Quality of Education (pp. 1-64). Lambert Academic Publishing.

Kristiawan, Muhammad, dkk. (2018). Inovasi Pendidikan. Ponorogo: Wade Group. 4-5.

Nilasari, Medina. (2023). Kepemimpinan dan Inovasi. Depok: Rajawali Pers.

Rost, J.C. (1993).” Leadership dvelopment in the new millenium”. Journal of Leadership Studies, 1(1), 91-110. https://doi.org/10.1177/107179199300100109.

Subhan, M. (2013). Kepemimpinan islami dalam peningkatan mutu lembaga Pendidikan Islam. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 125-140

Sutarno. (2012). Serba Serbi Manajemen Bisnis. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Zenger, J., & Folkman, J. (2014). 10 Traits of Innovative Leaders. Cambridge: Harvard Business Review.