Peran Ustadz dalam Menyebarkan Nilai-Nilai Keislaman di Desa Suka Makmur

Main Article Content

Arifatul Ma'ani
Ahmad Rifa’i
Mawaddah Hidayati
Taufik Sakni
Asmuni
Akwam

Abstract

Abstract


Religion is the ultimate guide to life, therefore as humans must have religious principles that can be used as guidelines for life. Religious principles result from human knowledge of Islamic values, Islamic values can be obtained independently or through intermediaries such as Ustadz. This study aims to identify the role of Ustadz in spreading Islamic values in Suka Makmur Village. This research uses a qualitative approach. The type of research used is a case study, with case studies, research can be carried out by investigating the context, processes, and interactions that occur in the community under study and how these things contribute to maintaining the order of Islamic society in accordance with Sharia. Based on the results of the study, it was found that the role of ustadz in spreading Islamic values in Suka Makmur Village is very crucial. Ustadz not only functions as a teacher, but also as a spiritual guide, community mobilizer and provides family education through activities such as teaching in the mosque, learning the Qur'an at TPA and organizing routine recitation activities.


Abstrak


Agama adalah tuntunan hidup yang hakiki, oleh sebab itu sebagai manusia harus memiliki prinsip-prinsip agama yang dapat dijadikan pedoman hidup. Prinsip agama dihasilkan dari pengetahuan manusia tentang nilai-nilai keislaman, nilai-nilai keislaman bisa didapatkan secara mendiri ataupun melalui perantara seperti Ustadz. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi peran Ustadz dalam menyebarkan nilai-nilai keislaman di Desa Suka Makmur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus, dengan studi kasus, penelitian dapat dilakukan dengan menyelidiki konteks, proses, dan interaksi yang terjadi di masyarakat yang diteliti serta bagaimana hal-hal tersebut berkontribusi dalam menjaga tatanan masyarakat islam yang sesuai dengan syariat. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa Peran ustadz dalam menyebarkan nilai-nilai keislaman di Desa Suka Makmur sangat krusial. Ustadz tidak hanya berfungsi sebagai pengajar, tetapi juga sebagai pembimbing spiritual, penggerak komunitas dan memberikan pendidikan keluarga Melalui kegiatan seperti pengajaran di masjid, pembelajaran Al-Qur’an di TPA dan penyelenggaraan kegiatan pengajian rutin.


 

Article Details

How to Cite
Ma’ani, A., Rifa’i, A., Hidayati, M., Sakni, T., Asmuni, & Akwam. (2024). Peran Ustadz dalam Menyebarkan Nilai-Nilai Keislaman di Desa Suka Makmur. Al-Hikmah Jurnal Studi Keislaman Dan Pendidikan, 11(2), 81–89. https://doi.org/10.12065/al-hikmah.v11i2.42
Section
Articles

References

Ali Muhtadi, “Penanaman Nilai-Nilai Agama Islam Dalam Pembentukan Sikap Dan Perilaku Siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu Luqman Al-Hakim Yogyakarta” (Yogyakarta, 2020).

Aslan Aslan, “Peran Pola Asuh Orangtua Di Era Digital,” Jurnal Studia Insania. Vol. 7, No. 1, 7 Juli 2019, 20–34. http://repository.radenintan.ac.id/2535/5/BAB%20II%20TESI..pdf, diakses pada tanggal 03 Juli 2024 pukul 20:53.

Azizah, Amirah Al May. "Integrasi nilai-nilai keislaman dalam pembelajaran IPS pada kurikulum 2013." Elementeris: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Islam 3.1 (2021): 23-35.

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbud, Kamus Besar Bahasa Indonesia (Jakarta: Adi Perkasa, 2018), 1660.

Basrowi dan Suwandi, Penelituan Kualitatif, (Jakarta: Rineka Cipta, 2019), h. 1.

Conny R. Semiawan Metode Penelitian Kualitatif. (2020) hal 3-4

Fadhallah, R.A. Wawancara. (Jakarta, UNJ Press, 2021) hal. 2.

Fahima Musiam Yahaya Dalam Skripsinya Yang Berjudul Peran Tokoh Agama Dalam Menanamkan Nilai Nilai Pendidikan Agama Islam Di Masyarakat, (Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Manado 2023).

Feny Rita Fiantika Mohammad Wasil Sri Jumiyati. (2020). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Metodologi Penelitian Kualitatif. In Rake Sarasin (Nomor March).

Hardani, Dkk, et al. "Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif" Cet. 1 (Yogyakarta: CV Pustaka Ilmu, 2020) hal. 151.

Hasanah, Hasyim. "Teknik-teknik Observasi : Sebuah alternatif metode pengumpulan data kualitatif ilmu-ilmu sosial." At-Taqaddum 8.1 (2017): 21-46.

Heri Jauhari Muchtar, Fikih Pendidikan (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2020), 18.

H. Sholihin Sari, M.Si dan Dr.Titi Hendrawati dkk, Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Melalui Metode Pembiasaan Siswa Madrasah Ibtidaiyah Di Kabupaten Bandung, (jurnal khazanah vol 1 no 2, 2021).

https://www.alkhoirot.net/2012/07/definisi-ustadz.html di akses pada tanggal 03 Juli 2024 pukul 23:03.

Jogiyanto Hartono, Metoda Pengumpulan dan Teknik Analisis Data, (Yogyakarta: Andi, 2019) hal 193-194.

Lexy J Maleong. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif, h. 327-334.

Muhaimin, Paradigma Pendidikan Islam: Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Madrasah, dan Perguruan Tinggi (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2020), 7.

Muhammad Alim, Pendidikan Agama Islam Upaya Pembentukan Pemikiran dan Kepribadian Muslim (Bandung: Rosda karya, 2022), 124.

Muhammad Azmi, Pembinaan Akhlak Anak Usia Pra-Sekolah: Upaya Mengefektifkan Nilainilai Pendidikan Islam dalam Keluarga (Yogyakarta: Belukar, 2022), 24.

Muhammad Muntahibun Nafis, Ilmu Pendidikan Islam, (Yogjakarta: Teras, 2021) hal. 95

Mohammad Daud Ali, Pendidikan Agama Islam (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2020), 106.

Nur Fadilah Amin dan sabarudin garancang dkk,( jurnal konsep umum populasi dan sample penelitian, universitas muhammadiyah makasar, 2023).

Soerjano Soekanto, Sosiologi Suatu Pengantar, Cet. Ke 48, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2017), h.217.

Sri Lestari, Psikologi Keluarga (Jakarta: Prenadamedia, 2019), 17.

Sugiyono, Memahami Penelitian Kualitatif. h.89. 2020.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, cet. 19, (Bandung: Alfabeta, 2020), h. 270.

Surya Dharma, Pendekatan, Jenis dan Metode Penelitian Pendidikan (Jakarta: Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidikan dan Tenaga Kependidikan, 2019), hlm 23.

Sutarjo Adisusilo, Pembelajaran Nilai Katrakter: Konstruktivisme dan VCT Sebagai Inovasi Pendekatan Pembelajaran Afektif (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2021), 56.

Teungku Muhammad Hasbi Ash Shiddieqy, Falsafah Hukum Islam, (Semarang: Pustaka Rizki Putra, 2021), hlm. 171-173.

Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai Pustaka, 2020) hal. 302.

Terjemahan al-Qur’an, 13 (al-Ra’d): 11.

Wiwik Setiyani, “Konversi Agama: Studi tentang Faktor Pindah Agama dari Kristen Ke Islam pada Masyarakat Kelas Menengah di Surabaya,” dalam Antologi Kajian Islam, ed. Syaichul Hadi Purnomo (Surabaya: Pascasarjana IAIN Sunan Ampel Press, 2022), 50.

Wulandari, O.A. 2022. Statistik Untuk Ilmu Sosial. CV.Zt Corpora.

Zuhairini, Filsafat Pendidikan Islam (Jakarta: Bumi Aksara, 2019), 152.